Blog

Tips Menggabungkan Usaha Tiket Pesawat Tiket Pesawat Garuda Dengan Bisnis Umroh & Haji


Bisnis umroh maupun haji tidak sederhana seperti bisnis wisata pada umumnya, karena untuk melakukan bisnis umroh dan haji, Anda perlu memiliki ijin dari Departemen Agama sekaligus mematuhi peraturan haji dan umroh yang diterapkan oleh pemerintah Saudi Arabia. Namun hal tersebut, tidak boleh menjadikan Anda putus asa atau kehilangan strategi untuk menggabungkan usaha tiket pesawat tiket pesawat Garuda dengan bisnis umroh serta haji. Hal tersebut karena maskapai Garuda memberikan beberapa layanan yang cocok dengan bisnis haji dan umroh, seperti:

• Layanan penerbangan langsung dari Indonesia ke Jeddah,

• Layanan kru yang profesional untuk setiap penumpang di semua kelas penerbangan,

• Layanan bagasi kabin maupun bagasi kargo yang sudah sesuai dengan peraturan pemerintah untuk semua calon pelaksana ibadah haji maupun umroh.

Dengan berbagai layanan maskapai yang sudah tersedia, sebagai seorang pebisnis Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut ini, sebelum menggabungkan usaha tiket pesawat yang Anda jalankan dengan bisnis umroh maupun haji.

  • Perusahan induk

Pertama, perhatikan profesionalitas maupun track record dari perusahaan induk penyedia jasa umroh maupun haji yang ingin Anda ikuti. Untuk memastikan Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, Anda bisa mengamati beberapa hal, seperti:

 a. Jumlah jemaah umroh maupun haji yang sudah dilayani kebutuhannya oleh perusahaan induk dan berapa jumlah kantor perwakilannya di Indonesia. Banyaknya jemaah yang dilayani, secara tidak langsung membuktikan perusahaan yang bersangkutan memiliki pelayanan yang memuaskan.

b. Legalitas perusahaan yang dibuktikan dengan ijin pendirian perusahaan maupun ijin operasional oleh departemen terkait. Akan lebih baik lagi jika perusahaan induk yang Anda ikuti telah mengantongi beberapa penghargaan terkait layanan dari berbagai departemen pemerintah.

c. Asistensi pada Anda sebagai agen sejak bergabung hingga kurun waktu tertentu.Adanya asistensi terorganisir dari perusahaan induk akan membuat Anda merasa siap melayani kebutuhan konsumen sewaktu-waktu di kemudian hari.

d. Lokasi kantor maupun website induk yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Kesesuaian data antara lokasi kantor induk dengan website utama yang digunakan untuk bertransaksi dengan Anda sebagai agen akan menjaga keamanan dalam bertransaksi setiap harinya.

  • Proses transaksi

Pada saat Anda ingin menaikkan omzet pendapatan dari penjualan tiket pesawat Garuda dengan cara menggabungkannya bersama usaha umroh maupun haji, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana proses transaksi dalam bisnis ini, mengingat sistem haji maupun umroh tidak sama dengan perjalanan wisata biasa yang bisa dilakukan kapan saja. Untuk menunjang omzet pendapatan, Anda perlu memahami beberapa hal, seperti:

a. Kapan waktu penawaran ibadah haji dan umroh yang banyak diminati konsumen, contohnya saja waktu haji yang banyak diminati adalah pada saat ibadah puasa maupun menjelang Idul Adha.

b. Persiapan biaya apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon jemaah yang ingin melakukan ibadah haji maupun umroh dan bagaimana pengurusan perencanaannya. Sebagai contoh saat Anda berperan sebagai agen, Anda akan menarik dan menguruskan biaya yang berhubungan dengan akomodasi maupun visa di tanah suci, sementara konsumen mengurus sendiri biaya yang berkaitan dengan paspor maupun vaksin.

c. Bagaimana sistem pembayaran jasa yang Anda terapkan pada konsumen terkait semua fasilitas yang akan diberikan.

d. Tanggungjawab seperti apa yang akan Anda berikan ketika jemaah yang bersangkutan harus menunda keberangkatannya karena peraturan dari pemerintah terkait hal tertentu selama pelaksanaan ibadah umroh maupun haji.

  • Proses reward

Saat Anda mencoba menggabungkan usaha tiket pesawat sistem reservasi tiket pesawat dengan jasa umroh dan haji, perhatikan bagaimana proses reward yang bisa Anda dapatkan selama menjadi agen. Sebagai contoh ada perusahaan induk yang menghitung reward sesuai jumlah jemaah yang bisa diberangkatkan sang agen per tahun, namun adapula perusahaan yang menghitung reward langsung dengan sistem bagi hasil tidak peduli berapa jumlah jemaah yang sudah diberangkatkan ke tanah suci.

  • Pelatihan yang diberikan

Usaha tiket pesawat yang Anda lakukan akan berjalan seimbang dengan bisnis umroh maupun haji yang diikuti apabila ada pelatihan terorganisir yang diberikan perusahaan induk yang bersangkutan. Dengan demikian, Anda bisa segera mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin muncul di lapangan.